Ingat Foto Bocah Ini? Ternyata Ada Kisah Mengharukan Tentang Keluarganya

000sammygriner

Masih ingat sosok success kid yang pernah booming 2010 lalu? Bagi Anda para pengguna internet, tentu meme ini sudah tak asing lagi. Tampak seorang balita sedang mengepalkan tinjunya dengan ekspresi wajah yang penuh tekad. Gesture dan mimik wajahnya seolah sedang mengatakan “I will make it!”, atau “Saya pasti berhasil!” Tak heran meme ini acapkali dijadikan icon keberhasilan oleh para netter, dengan julukan “success kid meme”. Selama bertahun-tahun menjadi sensasi, sang bocah pun meretas kepopuleran di dunia maya.
Siapa sangka dibalik meme lucu yang menginspirasi netizen untuk mencapai kesuksesannya, ternyata ia mempunyai kisah yang mengundang iba.
Sammy Griner, balita yang berada di pantai dalam foto itu, berasal dari Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Ia baru berusia 11 bulan ketika Laney Griner, ibunya mengambil foto itu. Tak banyak yang tahu, wajah menggemaskannya yang terlihat penuh semangat itu sebenarnya diambil saat ia hendak memasukkan pasir ke dalam mulutnya. Foto tersebut diunggah Laney di Flickr tahun 2007. Kini, bayi Sam yang imut itu sudah bertumbuh menjadi remaja 8 tahun, seperti dilansir dalam dailymail.uk (11/12/2016).
000sammygrinnerdad
Seperti kita semua yang bertarung menghadapi tantangan hidup, keluarga Grinner pun tak luput dari masalah. Kondisi kesehatan Justin Griner (39), ayah Sam, mengalami kemunduran. Setelah didiagnosa gagal ginjal tahun 2009, sang ayah harus menjalani 4 jam cuci darah setiap hari, 3 kali dalam seminggu. Tak berhenti sampai di situ, sang ayah harus disegerakan menjalani operasi transplantasi ginjal untuk menyelamatkan nyawanya. Bukan hanya dana dalam jumlah besar yang mereka butuhkan.
Mereka juga harus menemukan donor ginjal yang cocok secara genetika dengan DNA ayahnya. Disebutkan Justin memerlukan dana sebesar US $75.000 untuk membiayai transplantasi, perawatan, obat-obatan dan dialisis bertahun-tahun, termasuk berburu ginjal “hidup” yang bersedia didonorkan. Sebenarnya ia sudah mengetahui kondisi ginjalnya sejak Sammy belum lahir (sekitar 2006). Namun kerusakan ginjalnya kian tahun menjadi semakin parah (abcnews.go.com).
Beruntungnya, berkat situs GoFundMe.com, keluarga Grinner tertolong. GoFundMe adalah salah satu website yang memfasilitasi penggalangan dana dari masyarakat luas untuk dipergunakan di pelbagai aspek kehidupan. Metode penggalangan dana dari masyarakat tersebut dinamakan crowdfunding. Atau menurut bahasa ibu kita: “patungan”, “udunan”, juga “saweran” bisa dikatakan serupa dengan metode crowdfunding ini. Adapun situs serupa lainnya yakni Kickstarter.com dan Indiegogo.com.
Sebenarnya, Laney sempat merasa tak tega memanfaatkan popularitas anaknya untuk menggalang donasi dari masyarakat luas. Tapi demi kesembuhan sang ayah, istri dan anak keluarga Griner rela mengupayakan yang terbaik.
“Ia sangat mengidolakan ayahnya. Dengan senang hati ia akan melakukan segala sesuatu agar [ayahnya] bisa pulih kembali,” ujar Laney Griner, ibu Sammy