waspada!!! begini modus baru pencurian uang di ATM....

450109_620

Polisi menangkap pelaku pencurian di Tanjung Karang, Bandar Lmpung pada 8 Desember 2016. Kanit IV Reserse Mobile Ditreskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Teuku Arsya Khadafi mengatakan, pelaku yang berinisial NKM bin ALF, 43 tahun ini melancarkan aksinya di Alfamaret Cengkareng pada Agustus 2016.
“Pelaku mencuri uang di ATM dengan modus seperti mengambil uang,” kata Arsya di Mapolda Metro Jaya, Senin, 12 Desember 2016.
Arya menjelaskan, tersangka NKM merupakan nasabah Bank BCA dan memiliki tabungan di bank tersebut. Dalam melakukan aksinya, tersangka bertindak seperti ingin mengambil uang dari rekeningnya melalui mesin ATM, namun saat uang akan keluar, tersangka menahannya dengan tangan.
Sehingga uang tersebut tidak keluar melewati sensor dan otomatis kartu ATM tersangka keluar. “Saldo rekening jadi tidak berkurang karena dianggap transaksi gagal, tapi kemudian tersangka mengambil uang yang sempat ditahannya itu,” katanya.
Tersangka melakukan modusnya ini berulang kali hingga Bank BCA mengalami kerugian hingga Rp 1,6 miliar. Kepada polisi, tersangka mengaku mempelajari cara tersebut dari website google. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan hukuman penjara paling lama sembilan tahun.
Dari tangan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa kartu ATM BCA, kartu ATM BRI, kartu ATM BNI, kartu ATM Mandiri, satu buah telepon genggam merk Samsung, uang tunai sejumlah Rp 15,7 juta, dan satu unit mobil Mitsubishi Pajero.